Pages

July 31, 2012

Kuliner Vietnam

Baru aja pulang dari Vietnam, dua hari sebelum bulan puasa sama keluarga. Selama disana disuguhi berbagai macam hidangan khas Vietnam. Ada beberapa makanan yang cocok di lidah saya, ada juga yang ngga enak. Makanan Korea atau Thailand jauh lebih enak, sih. Makanan Vietnam yang saya makan selama disana, kebanyakan menyajikan sayur dan seafood atau ayam, ngga berani juga makan daging, takut pake pork :) Ehm tapi makan daging juga sih tapi sapi dan sudah dipastikan itu daging sapi, hehe.. Lihat berbagai macam penampakkannya yuk.
Pho alias Mie vietnam dengan kuah bening ditambah topping ayam. Enyaaak. Kuahnya gurih, ayamnya lembut dan porsinya banyak banget. Mangkuknya luar biasa gede :) Ditambah pake tauge dan air lemon, wuih makin tambah seger.
Nah kalo yang ini Beef Pho. Pake daging sapi. Ini juga rasanya enak banget dan sama besarnya porsinya. Sampe ngga abis.
Setiap kali makan, minumnya kalo ngga kelapa muda kalo ngga coffee vietnam. Nah, kelapa muda disana digundulin semua dan airnya segar banget.
Di setiap tempat makan, mau pesen menu apapun pasti asalah satunya ada Spring Roll nya alias Lumpia Vietnam. Yang pertama saya coba ini rasanya agak aneh, tapi dicelup ke saus yang lumayan jadi seger dan agak pedes. Lumpia-nya sih crispy. Lucunya. Setiap orang dikasih satu piring lumpia yang isinya 4, sampe akhirnya dibungkus bawa ke hotel :)
Salah satu menu makanan yang saya temuin sewaktu ikut tur si Sungai Mekong. Konsep resto nya itu, kaya di kampung banget (dan emang kayanya itu di kampung sih), di samping persis sungai mekong yang keruh banget itu. Tapi, suasananya adem banget. Menu nya aja ada ikan Gurame hihihihi. Walaupun menarik dan digoreng dengan sangat baik, sayangnya rasanya kurang enak. Hambar dan kurang garam menurut saya.
Sorry for bad resolution. Menu berikutnya adalah dadar telur. Bedanya sama dadar telur di Indonesia adalah, tipis banget dadarnya dan diselipin potongan-potongan udang. Rasanya sama kaya ikan, kurang garam. Untungnya ada saus celup yang spicy, gurih dan asem, jadinya rada terbantu rasa enegnya.

Makanan ini saya temukan waktu dinner cruise di Saigon River. Jadi kita makan, di dalam semacam kapal pesiar, dimana setelah semua tamunya selesai makan, kapalnya akan berputar mengelilingi Saigon River dan kita juga dihibur berbagai macam pertunjukkan, nyanyi-nyanyi lagu mandarin sih tepatnya daaan ada sexy dancer nya, lho. ^^
Anyway, lanjut ke menunya. Ini semacam ikan kakap tepung asam manis. Rasanya asem-asem gurih. Enak banget nih, ikannya seger banget.
This is also one of my favorite. Menunya sih sederhana, cuma cumi ditumis pake bawang bombay, kecap asin dan bumbu lainnya. Tapi rasanya kok ya enak banget yah. Cuminya ngga alot dan terasa masih segar. Bumbunya gurih dan yummy. Sayangnya porsinya lumayan kecil, itupun harus sharing :(
Selanjutnya, saya juga nyobain semacam bihun/soun tumis. Ditaburi kacang tanah dan ada beberapa potong udang, irisan wortel dan daun bawang. Rada asem, mungkin ada semacam bumbu yang ditambahin deh. Bihunnya kenyal-kenyal. Secara keseluruhan sih, biasa aja yah. Seperti biasanya kurang bumbu dan agak kurang cocok di lidah saya.
Another spring roll. Cara makannya dibungkus pake kulit lumpia bening, ditambah sayur-sayuran dan dicelup ke saus yang sudah disediakan. Kalo saya sih makan langsung aja. Porsinya mini, tapi rasanya cukup enak dan crispy. Lumayan lah.
Yak, sekian laporan kulinernya. Ada banyak menu lain yang ngga saya foto. Karena udah keburu bete sama menunya yang kurang yahud, hehe. Pengalaman baru, nyoba the real vietnam food

No comments:

Post a Comment