Pages

March 23, 2012

Mbah Jingkrak

Si mbah yang satu ini emang paling jingkrak deh. Saya pun jadi ikutan jingkrak kayak si mbah, abis dikasih tau bakal makan-makan kantor di resto Mbah Jingkrak ;)
Duluuu, pas sama masih bergerilya jadi jurnalis, pernah buka puasa sama temen-temen jurnalis di sini. Bedanya waktu itu saya dan teman-teman makan di Mbah Jingkrak di daerah Bulungan deket SMA 70, yang kayanya sekarang udah ngga ada lagi. Pokoknya yang saya inget, saya ngerasa kurang menikmati masakannya yang pedas luar biasa. Terutama menu yang namanya Ayam Rambut Setan. Beeuuh, kapok deh saya, usus berasa panas abis.
Untuk menghindari kenikmatan makan, saya sengaja pilih menu yang aman-aman aja. Ayam Cabe Ijo, Teri goreng (tumis sih kayanya, hehehehe), tempe mendoan, sama oseng kikil. Sambelnya pilih yang aman, Sambel terasi biasa instead of Sambel Iblis. Nasi nya nasi merah, minumnya Es Demit.


Alhamdulillah, ngga sepedes si rambut setan. Pedesnya masih bisa ditolerir. Bumbu cabe ijonya enak. Ayamnya ngga terlalu kering. Berasa makan di resto padang ujung-ujungnya :)


Terinya seporsi bisa buat bertiga, agak terlalu manis menurut saya. Kikil osengnya so so, nothing special. I do think kikil best served as a soup.  Tempe mendoannya gede banget. Satu biji harusnya sih bisa buat berdua, yah. Rasanya, standar khas mendoan sih.


Ini dia yang namanya Es Demit. Apakah ini plesetan dari Dammit? Ngga tahu juga...
Anyway, isinya ada kelapa muda, biji selasih sama cincau, dikasih gula jawa cair. Rasanya, seger tapi menurut saya sih kurang manis. Kebanyakan es kayanya.

Yang menarik dari Mbah Jingkrak ini, ornamen dan suasananya yang Jawa-ish. Sedikit banyak mirip sama Lara Jonggrang. Ada banyak koleksi botol-botol kecap dari berbagai daerah. Ada sepeda ontel dan motor kuno plus pajangan miniatur becak ditempel di dinding. Unik banget.
Cara pesen makannya juga ala prasmanan. Jadi kita bisa pesen dulu di depan, mau menu apaan aja, nanti dianterin ke meja sama waiternya.
Selain itu, Mbah Jingkrak nyediain welcome drink yang ngga biasa lho. Jamu Kunyit Asam sama Beras Kencur. So Jawa, So Indonesian.

Mbah Jingkrak: Jl. Setiabudi Tengah No. 11, Kuningan - Jakarta Telp. 021-5252605

No comments:

Post a Comment