Pages

October 17, 2012

Restoran Al Mukalla, an Arabian Feast


 Tinggal di daerah kampung Arab di Jakarta (baca: Condet), pasti dikelilingi sama restoran ber-menu arabian. Makanya sebelum pulang ke rumah, mampir dulu makan (sekaligus saya berbuka puasa) di salah satu resto arab, namanya Al Mukalla.Pada dasarnya saya ngga segitunya sih sama masakan arab, tapi karena suami saya lumayan doyan, saya jadi suka icip-icip dan memang saya penyuka daging kambing. Oh my cholesterol !
Begitu masuk, kelihatannya sih kayak kecil tempatnya, tapi ternyata masuk ke dalam, lumayan luas juga. Malah ada beberapa spot duduk lesehan beralaskan karpet. Udah kaya di Arab deh suasananya. Dan yang pasti yang punya orang Arab asli :). Btw, saya sempet takut juga buku menunya berbahasa arab semua, apalagi liat cover depannya yang pake bahasa arab. Untungnya menunya pake bahasa latin pas dibuka. Hihihi, legaaa...

Mandi Laham
Kuah Pelengkap yang enak banget
Saya pesen Mandi Laham IDR 50K. I admit, the portion is huge for one person. Nasinya banyak banget. Nasinya itu dimasak pake rempah-rempah yang saya juga ngga terlalu tahu apaan aja. Yang pasti sih, ala arab timur tengah gitu. Ngga eneg kok, walaupun rasa rempah-rempahnya cukup kuat. Mandi Laham ini disajikan dengan potongan super besar daging kambing dan hati ( i assume sih, hati kambing juga kali, yah). Oh ya, nasinya itu ditaburi kismis. Jadi rasanya ada asem-asem seger dan enak. Daging kambingnya puas banget, deh dan well seasoned. Selain itu menu ini juga ditemani sama semangkuk kecil kuah kuning, yang rasanya enak banget deh. Campuran berbagai rempah-rempah dan sedikit kunyit, mirip sama rasa soto ayam. This menu is recommended for sharing.

Nasi Briyani Laham
Kalo suami saya, justru pilih menu Nasi Briyani Laham (IDR 35K) yang porsinya jauh lebih sedikit. Ketuker nih kayaknya hehe.. Cuma nyobain sedikit, agak-agak mirip sih rasa nasi nya, sama-sama berbumbu dan agak kering. Ditaburin kismis juga. Bedanya, daging kambingnya ngga berupa potongan besar kaya punya saya. The taste was also very good.

Sate Kambing & Salad
Yang ngebedain sate kambing biasa sama sate kambing ala Arab ini adalah sate-nya ngga dipanggang di bara api, tapi dipanggang di microwave atau oven. Jadinya, ngga kelihatan gosong. Sate Kambing ini seporsinya IDR 25K. Isisnya 10 tusuk dengan potongan yang cukup besar dan lembut. Buat yang kebiasaan makan sate biasa, mungkin akan berasa kurang bumbu. Makanya disediakan pula bumbu kecap plus irisan tomat dan bawang merah. Enak.
Salad-nya sendiri simple banget (IDR 15K), isinya cuma potongan timun segar, tomat dan irisan sawi putih. Buat saya pribadi sih, rasanya ada semacam bumbu yang menyengat yang saya kurang suka. Tapi, sebenernya sih rasanya seger banget, soalnya pake campuran lemon. Kalo penasaran sih, boleh juga cobain.

Kuliner middle east kali ini cukup memuaskan with reasonable price. ^^

Restoran Al Mukalla : Jl. Raya Condet No. 8 Jakarta. Telp 021 - 37475150

No comments:

Post a Comment