Pages

September 24, 2012

Ngintip Jajanan Pasar Tradisional Wanaysa

 Setiap berkunjung ke kampung halaman keluarga besar suami saya di Wanayasa, Purwakarta - Jawa Barat, saya selalu meyempatkan untuk mampir belanja di pasar tradisionalnya. Saya selalu suka suasana pasar tradisional di pagi hari, hiruk pikuknya, sayur-sayuran segar dan lauk pauk segarnya dan lain-lainnya. Termasuk makanan-makanan yang juga dijual di dalam pasarnya. Yummyyy...


Ini adalah sebagian kue tradisional yang saya temukan di pasar. Kebanyakan rasanya manis legit. Yang bentuknya segitiga itu, kalo ngga salah terbuat dari daun pandan dan memakai pandan. Yang kaya corong itu namanya Clorot kalo ngga salah. Ada juga yang berbentuk cincin, namanya Jalabria, terbuat dari ketan, disiram pake gula merah. Enak-enak dan harganya juga murah-murah deh.



Selanjutnya adalah makanan favorit saya kalo mampir di pasar ini. Di setiap sudut pasar pasti ada kedai yang jualannya sate maranggi plus asapnya yang luar biasa banyak. Hmm, agak berbau asap sih kalo makan disana. Lewat pun sebenernya sukses bikin sebadan-badan bau asap, tapi justru disitu nikmatnya. Jadi cara pesennya pun dihitung per berapa tusuk sate yang kita makan. satenya kecil-kecil emang, dan ada lemaknya juga hihihi, tapi enak kok. Rasanya manis dan makannya ditambah bumbu kecap yang udah ditambahin irisan bawang merah, dan cabe rawit. Nyaaam, nikmat banget, deh.
Nah, untuk pelengkapnya kita bisa pilih mau pake nasi putih atau ketan. Karena khasnya dimakan pake ketan bakar, udah pasti saya selalu pesen pake ketan bakar alias ulen. Ketannya ini juga tebal dan ngga berbau apek, enak pokoknya. Dimakannya sembari ditambah serundeng yang ngga kalah enaknya.
Pokoknya paket makan beginian ini bener-bener direkomendasikan deh. Dan kalo kebetulan bisa mampir, jangan lupa dine in yaa :) Enjoy the ambience of traditional market.
Oh ya, kalo dari segi harga, pokoknya murah banget dan terjangkau. :)

No comments:

Post a Comment